Data Manufaktur Dorong Indeks Nasdaq ke Rekor Tertinggi

JAKARTA – Bursa saham Amerika Serikat ditutup menguat pada Senin (3/8/2020), di tengah data ekonomi yang positif dan rencana Gedung Putih yang mempertimbangkan untuk bertindak sendiri meningkatkan tunjangan pengangguran.

Berdasarakan data Bloomberg, indeks Dow Jones Industrial Average ditutup menguat 0,89 persen ke level 26.664,4 poin, sedangkan indeks S&P 500 naik 0,72 persen ke level 3.294,61.

Sementara itu, indeks Nasdaq Composite melonjak 1,47 persen ke level 10.902.80, sekaligus mencatat level tertinggi sepanjang masanya.

Para pelaku pasar menyambut baik berita kinerja emiten teknologi, dengan Apple Inc. menetapkan rekor tertinggi sepanjang masa. Sementara itu, Microsoft Corp menguat di tengah rencana akuisisi bisnis TikTok di AS.

Sentimen lain juga datang dari data manufaktur AS yang berekspansi pada Juli dengan laju tercepat sejak Maret 2019. Sebelumnya, indeks PMI manufaktur Eropa mencapai level ekspansif untuk pertama kalinya dalam satu setengah tahun.

Sementara itu, Gedung Putih disebut tengah menjajaki apakah Presiden Donald Trump dapat bertindak sendiri untuk memperpanjang tunjangan pengangguran.

Investor memasuki bulan Agustus dan cenderung mengesampingkan berita mengenai lonjakan infeksi virus corona. Secara global setiap empat hari tercatat ada 1 juta kasus baru.

Beberapa negara juga dilanda demonstrasi yang menginginkan pembukaan kembali kegiatan sosial dan perekonomian seperti di Jerman. Pelaku pasar juga tenah menunggu langkah stimulus baru yang perlu melewati gedung Kongres AS.

Kinerja saham secara global disebut mulai rebound memasuki Agustus 2020. Head of fixed income at UBS Asset Management Australia mengatakan Agustus akan menjadi momentum pemulihan bagi pasar saham.

"Tapi ini membutuhkan dukungan moneter dan fiskal yang berkelanjutan. Butuh waktu lama untuk kembali ke posisi semula [sebelum pandemi]," ujarnya seperti dikutip dari Bloomberg.

Ketegangan antara AS dan China terus saja muncul dan siap menjegal optimisme di pasar saham. Pemerintahan Trump mengumumkan bakal melakukan tindakan terhadap perangkat lunak milik China yang dianggap menimbulkan risiko keamanan.

( Aprianto Cahyo Nugroho )


LINK : https://market.bisnis.com/read/20200804/7/1274591/data-manufaktur-dorong-indeks-nasdaq-ke-rekor-tertinggi
Published on 2020-08-04 08:32:21 (GMT +7)

Global Info Regional

Global Info Currency

Global Info Commodity

Links

INFO

PT. Waterfront Sekuritas Indonesia
Memberikan layanan atas transaksi
Repurchase Agreement (REPO)"
PT. Waterfront Sekuritas Indonesia Terdaftar dan Diawasi Oleh





INFO TERBARU
Mulai 26 november 2018 , Penyelesaian transaksi bursa di pasar reguler menjadi 2 hari bursa (T+2)