Emiten Perbankan Tertekan, Indeks Stoxx Melemah dari Level Tertinggi Oktober

JAKARTA – Bursa saham Eropa melemah pada perdagangan Selasa (19/2/2019) karena laporan kinerja yang mengecewakan dari HSBC menghantam sektor perbankan.

Sementara itu, reli yang didorong oleh optimisme mengenai kemungkinan kesepakatan perdagangan China-AS mulai kehilangan momentum.

Babak baru pembicaraan antara AS dan China berlangsung di Washington pada hari Selasa. Pembicaraan tersebut mengikuti perundingan yang berakhir di Beijing pekan lalu yang berakhir tanpa kesepakatan tetapi yang menurut para pejabat menghasilkan kemajuan.

Setelah menyentuh level tertinggi sejak 10 Oktober pada hari Senin, indeks Stoxx Europe 600 ditutup melemah 0,22% ke level 368,97, sementara indeks DAX Jerman menguat 0,1% dan CAC Prancis turun 0,2%.

"Sentimen positif mengenai potensi kesepakatan perdagangan AS-China akan segera diprediksi sepenuhnya," kata Fawad Razaqzada, analis Forex.com, seperti dikutip Reuters.

Sektor perbankan turun 0,9% dan menjadi sektor dengan kinerja terburuk, tertekan oleh HSBC yang melemah 4% setelah melaporkan laba tahunan yang mengecewakan karena peningkatan biaya dan pelemahan di bisnis perdagangannya.

Bank of America Merrill Lynch menurunkan peringkat saham HSBC menjadi netral setelah rilis laporan keuangan tersebut, mengutip adanya "sisi positif terbatas" pada harga saham.

Saham perbankan di Italia turun sekitar 1% karena data industri yang lemah mendorong penguatan imbal hasil obligasi pemerintah.

Sementara itu, sektor otomotif mampu menguat tipis, meskipun adanya kehati-hatian pada ketidakpastian apakah Presiden AS Donald Trump pada akhirnya akan mengenakan tarif pada impor mobil.

Laporan kinerja emiten lain juga turut panjadi penggerak bursa. Produsen alat bantu dengar Denmark, William Demant tergelincir 9,2% setelah merilis proyeksi laba tahun 2019 yang mengecewakan.

Di sisi lain, saham HeidelbergCement melonjak 3,6% karena memperkirakan kenaikan permintaan dan margin tahun ini dan mengumumkan rencana mundurnya CEO peprusahaan tahun depan.

( MiaChitraDinisari )


LINK : https://market.bisnis.com/read/20190220/7/890962/emiten-perbankan-tertekan-indeks-stoxx-melemah-dari-level-tertinggi-oktober
Published on 2019-02-20 08:47:11 (GMT +7)

Global Info Regional

Global Info Currency

Global Info Commodity

Links

INFO

PT. Waterfront Sekuritas Indonesia
Memberikan layanan atas transaksi
Repurchase Agreement (REPO)"
PT. Waterfront Sekuritas Indonesia Terdaftar dan Diawasi Oleh





INFO TERBARU
Mulai 26 november 2018 , Penyelesaian transaksi bursa di pasar reguler menjadi 2 hari bursa (T+2)