Harga Minyak Diperkirakan Mendidih ke Level US$70 per Barel

JAKARTA – Harga minyak diperkirakan dapat menyentuh US$60 sampai US$70 per barel pada kuartal III/2020 bila permintaan terus meningkat. Adapun para produsen tengah gamang untuk menentukan strategi menjaga pasar minyak dari kejatuhan sepeti terjadi pada semester pertama lalu.

Analis Capital Futures Wahyu Laksono mengatakan harga minyak dapat menyentuh US$60 sampai US$70 per barel bila permintaan terus meningkat. Oleh sebab itu, tidak heran bila negara produsen yang tergabung di OPEC+ mendesak kenaikan produksi.

“Tren permintaan masih akan naik sehingga OPEC+ pasti ingin harga naik. Namun, konsep bisnisnya memang memaksa produsen untuk lebih produktif. Jadi semakin banyak permintaan akan disambut produksi,” katanya kepada Bisnis pada Senin (13/7/2020).

Menurutnya, OPEC+ memiliki kapasitas untuk mengontrol harga seperti halnya sistem kartel. Apalagi ditambah wacana untuk menjadikan aliansi itu mirim Bank Sentral atau The Fed.

Wahyu mengatakan dalam jangka menengah harga minyak akan menguji level US$20 sampai US$50 per barrel. Dia menambahkan saat menyentuh level US$50 investor disarankan untuk menjual saat penguatan.

“Harga mulai stabil dan rebound jelas ditopang oleh OPEC+ dengan menekan supply, harga bisa diatur,” katanya.

Sementara itu, Bloomberg melansir bahwa Menteri Perminyakan Arab Saudi Abdulaziz bin Salman melempar gagasan agar OPEC+ bertindak sebagai bank sentral produsen minyak. Ide itu tercetus dari kekagumannya pada Alan Greenspan, mantan ketua Federal Reserve A.S.

Gagasan itu muncul setelah aliansi berhasil menggandakan harga minyak mentah selama beberapa bulan terakhir melalui pemangkasan produksi yang belum pernah terjadi sebelumnya. OPEC + yang dipimpin oleh Saudi dan Rusia siap untuk mulai melepaskan langkah-langkah stimulus. Ketika permintaan bahan bakar pulih dengan pelonggaran lockdown di berbagai negara para produsen akan sedikit membuka keran.

Namun, Helima Croft Kepala Strategi Komoditas di RBC Capital Markets LLC menilai hal itu memiliki resiko besar. Pasalnya, gelombang kedua pandemi mengancam kemerosotan permintaan dalam konsumsi minyak.

Sementara itu masih terdapat miliaran barel yang menumpuk selama wabah pertama. Jika OPEC + meningkatkan pasokan sama seperti sebelum pandemi maka harga bisa jatuh sekali lagi.

"Ketika mereka melihat harga selama kuartal ini, mereka melihat kenaikan permintaan, saya pikir mereka merasa baik. Saya pikir mereka sadar ada resiko di depan sana," katanya dilansir Bloomberg Senin (13/7/2020).

( Rivki Maulana )


LINK : https://market.bisnis.com/read/20200713/94/1265302/harga-minyak-diperkirakan-mendidih-ke-level-us70-per-barel

Published on 2020-07-14 07:57:43 (GMT +7)

Global Info Regional

Global Info Currency

Global Info Commodity

Links

INFO

PT. Waterfront Sekuritas Indonesia
Memberikan layanan atas transaksi
Repurchase Agreement (REPO)"
PT. Waterfront Sekuritas Indonesia Terdaftar dan Diawasi Oleh





INFO TERBARU
Mulai 26 november 2018 , Penyelesaian transaksi bursa di pasar reguler menjadi 2 hari bursa (T+2)