Keinginan Bangkok Bank Kendalikan Bank Permata Tersendat

JAKARTA — Rencana Bangkok Bank Public Company Limited untuk mengakuisisi PT Bank Permata Tbk. sedikit terganjal oleh aturan yang berlaku.

Beleid yang menghalangi ini adalah Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 56/POJK.03/2016 tentang Kepemilikan Saham Bank Umum. Berdasarkan POJK ini, bank dan lembaga keuangan nonbank dapat memiliki maksimal 40 persen saham pada sebuah bank.

Sementara itu, Bangkok Bank tercatat sudah menandatangani perjanjian pembelian saham bersyarat dengan Standard Chartered Bank dan PT Astra International Tbk. untuk mengakuisisi total 89,12 persen kepemilikan saham di Bank Permata. Aksi ini dilakukan pada pertengahan Desember 2019.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana mengatakan pintu bagi Bangkok Bank untuk berdiskusi dengan otoritas guna membahas akuisisi Bank Permata terbuka lebar. Pertemuan harus dilakukan agar rencana Bangkok Bank menjadi pemegang saham mayoritas Bank Permata dapat terwujud.

“Dia [Bangkok Bank] inginnya hanya sekali mayoritas, tapi caranya nanti bisa diskusi sama kami,” ujar Heru di kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Heru menyebutkan ada opsi bagi Bangkok Bank agar dapat menjadi pemegang saham pengendali di Bank Permata. Pilihan tersebut adalah, lembaga keuangan asal Thailand ini harus melakukan merger atau konsolidasi lebih dari satu bank di Indonesia.

Jika hal ini dilakukan, Bangkok Bank bisa menguasai lebih dari 40 persen saham di BNLI. “Iya, boleh [Bangkok Bank] beli satu bank lagi terus dimerger, boleh nanti bisa kami [bicarakan]. Pasal 19 POJK 56/2016 itu membatasi hanya 40% [batas maksimal kepemilikan saham bank umum], kecuali dia ingin melakukan konsolidasi, ingin memberi kontribusi ke perekonomian kita,” tuturnya.

Heru juga menyebut, Bangkok Bank berencana menuntaskan transaksi akuisisi Bank Permata dalam satu kali pembayaran atau one time payment. Akan tetapi, belum diketahui kapan transaksi ini akan rampung dilakukan

( Hendri Tri Widi Asworo )


LINK : https://finansial.bisnis.com/read/20200116/90/1191111/keinginan-bangkok-bank-kendalikan-bank-permata-tersendat
Published on 2020-01-17 08:21:13 (GMT +7)

Global Info Regional

Global Info Currency

Global Info Commodity

Links

INFO

PT. Waterfront Sekuritas Indonesia
Memberikan layanan atas transaksi
Repurchase Agreement (REPO)"
PT. Waterfront Sekuritas Indonesia Terdaftar dan Diawasi Oleh





INFO TERBARU
Mulai 26 november 2018 , Penyelesaian transaksi bursa di pasar reguler menjadi 2 hari bursa (T+2)