Meski Banjir Katalis Positif, Bursa AS Ditutup Turun

JAKARTA - Bursa Saham Amerika Serikat mengalami koreksi setelah bergerak menuju level tertinggi baru. Namun, tren positif masih membayangi pasar ekuitas.

Pada penutupan perdagangan Kamis (14/1/2021), Dow Jones koreksi 0,22 persen menjadi 30.991,52, S&P 500 turun 0,38 persen ke level 3.795,54, dan Nasdaq koreksi 0,12 persen menuju 13.112,64.

Mengutip Bloomberg, saham AS turun untuk pertama kalinya dalam tiga hari dan imbal hasil Treasury naik di tengah ekspektasi Presiden terpilih Joe Biden merencanakan bantuan Covid-19 sebanyak US$2 triliun.

Setelah mendekati tertinggi sepanjang masa hampir sepanjang hari Kamis, S&P 500 berubah negatif di akhir sesi perdagangan. Sektor teknologi, layanan komunikasi, dan kebijakan konsumen adalah sektor yang menurun terbesar, sementara saham energi naik dengan minyak.

Biden pekan lalu menempatkan "seluruh paket" pada "triliunan dolar," dan banyak Fraksi Demokrat percaya itu akan mencapai US$2 triliun. Biden diperkirakan akan mengumumkan rencana dukungan ekonominya di kemudian hari.

Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan pembuat kebijakan tidak akan menaikkan suku bunga kecuali mereka melihat tanda-tanda inflasi yang mengganggu.

"Dengan pasar saham mendekati rekor tertinggi, beberapa investor mungkin khawatir tentang tanda-tanda kegembiraan berlebihan di ekuitas," kata Mark Haefele, kepala investasi di UBS Global Wealth Management.

"Tetapi dukungan dari peluncuran vaksin, suku bunga rendah yang berkelanjutan, dan kemungkinan stimulus fiskal lebih lanjut akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan pendapatan yang cepat pada tahun 2021, yang akan mendukung kenaikan lebih lanjut untuk ekuitas."

Investor yang bertaruh pada pemulihan ekonomi tahun ini mentolerir valuasi saham yang diperpanjang, sebagian karena mereka mengharapkan pengeluaran fiskal AS lebih lanjut dan pengendalian pandemi yang lebih baik dengan vaksin.

Dengan Biden akan menjabat dalam beberapa hari, transfer kekuasaan menjanjikan lebih banyak turbulensi.

Pada hari Rabu, Dewan Perwakilan Rakyat memilih untuk mendakwa Presiden Donald Trump untuk kedua kalinya, meskipun persidangan Senat untuk Trump kemungkinan tidak akan berlangsung sebelum masa jabatannya berakhir pada 20 Januari.

“Investor melihat melewati itu dan benar-benar berkonsentrasi pada stimulus dan apa artinya lebih jauh ke depan,” kata Chris Gaffney, presiden pasar global di TIAA Bank.

Setelah bertahun-tahun mengalami inflasi yang terlalu rendah, bank sentral AS menyetujui pedoman kebijakan baru pada bulan September, menjelaskan bahwa akan tepat untuk mempertahankan suku bunga mendekati nol sampai inflasi telah naik ke target 2 persen dan berada di jalur untuk sedikit melebihi tingkat itu.

"Mata kami terbuka lebar tentang ini," kata Powell. "Pada akhirnya, publik perlu melihat kami membiarkan inflasi bergerak di atas 2 persen untuk sementara waktu sebelum kerangka baru akan dianggap sepenuhnya kredibel."

Di bagian depan virus, China mencatat kematian Covid-19 pertamanya sejak April ketika cluster baru terus berkembang. Prancis mengatakan akan memperpanjang aturan jam malam yang lebih ketat di seluruh negeri dalam upaya untuk menghentikan penyebaran virus corona.

( Haffiyan )


LINK : https://market.bisnis.com/read/20210115/7/1343284/meski-banjir-katalis-positif-bursa-as-ditutup-turun
Published on 2021-01-15 08:16:22 (GMT +7)

Global Info Regional

Global Info Currency

Global Info Commodity

Links

INFO

PT. Waterfront Sekuritas Indonesia
Memberikan layanan atas transaksi
Repurchase Agreement (REPO)"
PT. Waterfront Sekuritas Indonesia Terdaftar dan Diawasi Oleh





INFO TERBARU
Mulai 26 november 2018 , Penyelesaian transaksi bursa di pasar reguler menjadi 2 hari bursa (T+2)