Optimalisasi APBN dengan Alternatif Pembiayaan Non Anggaran

 JAKARTA -- Presiden Joko Widodo mengatakan akan terus mendorong BUMN dan BUMD untuk mencari model pembiayaan alternatif dan kreatif terutama dalam hal pembiayaan infrastruktur.

Dia mengatakan model pembiayaan proyek strategis sebaiknya tidak monoton karena masih banyak diversifikasi pembiayaan yang bisa digali dan diaplikasikan.

"Saya kira sudah ada yang memulai sekuritisasi, komodo bond, dan kita akan mencoba limited consension scheme. Tidak semuanya bergantung pada yang namanya APBN," ujarnya Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2018 di Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Jokowi kembali menegaskan agar penggunaan APBN ke depannya dapat dimaksimalkan kepada kepentingan rakyat banyak sehingga infrastruktur bisa dibiayai dengan skema pembiayaan yang lain.

Dia menambahkan agar BUMN beserta anak usahanya untuk memanfaatkan pasar modal dalam pendanaan karena menurutnya saat ini kondisi pasar modal sedang dalam kondisi prima.

Jokowi juga menyampaikan kepada kepala daerah untuk memulai aksi penerbitan obligasi daerah untuk pembiayaan sektor produktif yang dapat memberikan keuntungan.

"Ini merupakan terobosan yang perlu kita kerjakan sebagai alternatif pembiayaan infrastruktur di daerah," katanya.

(Andhika Anggoro Wening)


LINK : http://finansial.bisnis.com/read/20180119/90/728285/jokowi-optimalisasi-apbn-dengan-alternatif-pembiayaan-non-anggaran
Published on 2018-01-19 08:19:18 (GMT +7)

Global Info Regional

Global Info Currency

Global Info Commodity

Links

INFO

PT. Waterfront Sekuritas Indonesia
Memberikan layanan atas transaksi
Repurchase Agreement (REPO)"
PT. Waterfront Sekuritas Indonesia Terdaftar dan Diawasi Oleh





INFO TERBARU
Mulai 26 november 2018 , Penyelesaian transaksi bursa di pasar reguler menjadi 2 hari bursa (T+2)