UU Ciptaker Diklaim Bisa Bawa Indonesia Keluar dari Jebakan Middle Income

JAKARTA - Pemerintah tengah menyerap aspirasi implementasi Undang-Undang (UU) 11 /2020 tentang Cipta Kerja. Presiden Joko Widodo menargetkan 40 aturan turunan itu kelar dalam satu bulan.

Aturan turunan ini merupakan satu kesatuan untuk mempermudah investasi seperti tujuan awal UU dibentuk.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian, Iskandar Simorangkir mengatakan bahwa regulasi tersebut juga bisa menjadi lompatan agar Indonesia menjadi negara besar di tengah Covid-19.

“World Bank bilang UU Cipta Kerja merupakan reformasi dalam ease of doing business. UU ini sangat progresif dalam 40 terakhir sejarah indonesia,” katanya pada sambutan menyerap aspirasi aturan turunan yang disiarkan virtual, Jumat (27/11/2020).

Iskandar menjelaskan bahwa Indonesia memiliki tantangan kesenjangan tabungan dan investasi atau saving investment gap yang negatif. Artinya, tabungan lebih rendah dari investasi yang ada selama ini.

Karena tabungan terbatas, mau tidak mau butuh penanaman modal untuk membangun negara. Di sisi lain industri di Indonesia terbatas karena investor yang masuk sedikit diakibatkan iklim yang tidak ramah.

Dampaknya saat terjadi tekanan terhadap nilai tukar tambah Iskandar, semua kelimpungan. Ini berulang terus-menerus.

“Apa kita mau seperti ini terus? Kalau fungsi produksi sama, maka tidak terangkat suatu negara. Artinya, kita terus terjebak di pendapatan kelas menengah,” jelasnya.

Iskandar menuturkan bahwa UU Cipta Kerja bisa membuat Indonesia naik kelas dan mempertahankannya. Industri tidak akan terus bergerak pada ekspor sumber daya alam (SDA) sehingga tidak berpengaruh pada harga komoditas yang berfluktuasi.

Ini terlihat peran kiriman luar negeri produk manufaktur terhadap total ekspor Indonesia hanya 49,5 persen. Jauh sekali jika dibandingkan dengan Vietnam yang mencapai 85,5 persen.

“Ini karena basis industri kita tidak kuat. Kita tidak menglelola SDA. Ini karena industri kita mengalami hambatan dari izin dan regulasi. UU Cipta Kerja ini langkah yang berani,” ucapnya

( Hadijah Alaydrus )


LINK : https://ekonomi.bisnis.com/read/20201127/9/1323287/uu-ciptaker-diklaim-bisa-bawa-indonesia-keluar-dari-jebakan-middle-income

Published on 2020-11-30 08:18:03 (GMT +7)

Global Info Regional

Global Info Currency

Global Info Commodity

Links

INFO

PT. Waterfront Sekuritas Indonesia
Memberikan layanan atas transaksi
Repurchase Agreement (REPO)"
PT. Waterfront Sekuritas Indonesia Terdaftar dan Diawasi Oleh





INFO TERBARU
Mulai 26 november 2018 , Penyelesaian transaksi bursa di pasar reguler menjadi 2 hari bursa (T+2)